JavaScript is required to view this page. Refreshing Bersama Keluarga di Taman Kota Rantau Menjadi Pilihan

Kamis, 22 September 2011

Refreshing Bersama Keluarga di Taman Kota Rantau Menjadi Pilihan

RANTAU, Taman Basimban Rantau yang berlokasi di alun-alun kota Rantau dan Taman Sirang Pitu ternyata menjadi salah satu lokasi yang asyik dan santai. Buktinya taman ini kerap dipadati mereka yang sengaja menghabiskan waktu petang di lokasi ini, baik mereka yang ingin berolahraga, bersantai bersama keluarga, maupun kumpul bersama teman-teman sekedar menikmati beraneka penganan atau secangkir kopi, dan teh hangat di caffe yang ada di lokasi.

Taman Basimban memang tempat yang asyik untuk santai bersama keluarga. Karena taman yang terletak dijantung kota Rantau di lengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan tennis, lapangan basket, lapangan sepak bola, dan jalur track untuk jogging mengelilingi lapangan sepak bola Dwi Dharma Rantau. Selain itu, didukung pula dengan fasilitas wahana bermain anak dan warung sejenis caffe, beserta pedagang aneka penganan dan minuman yang turut menyemarakan suasana sore.

Beragam pohon dengan macam-macam jenisnya sebagai penghijauan kota yang ditanam di taman itu dan nampak terlihat terawat dengan baik. Begitu juga dengan berbagai jenis patung dan wahana permainan anak-anak, maupun kebun binatang mini menambah keunikan taman yang ada di kota Rantau ini.

Warga yang datang ke taman ini bukan hanya warga kota Rantau saja ternyata, juga ada warga yang tinggal di Kecamatan Bakarangan, Kecamatan Piani, Kecamatan Tapin Selatan, Kecamatan Lokpaikat, dan Kecamatan Bungur. Mereka biasa datang saat hari libur atau akhir pekan. Taman Basimban Alun-Alun Kota Rantau dan Taman Sirang Pitu mulai ramai pengunjung pada pukul 16:00 Wita, dimana Pedagang terlihat sudah ada menempati lapak daganganya lebih dahulu sejak siang harinya.

Acil Yana, warga Desa Banua Halat, mengatakan, “Akhir pekan sore sabtu atau minggu sore kita jalan-jalan bersama keluarga ke Taman Basimban dengan membawa anak dan istri untuk santai sekaligus membawa anak bermain di wahana permainan bom-bom car, permainan kolam pemancingan atau odong-odong. Dan semua itu aman bagi keluarga untuk digunakan, “kata Yana.

Taman Basimban Rantau dan Sirang Pitu adalah salah satu asset Pemerintah Daerah Tapin yang di kelola oleh beberapa instansi Pemkab Tapin seperti Dinas Tata Kota dan Kebersihan Tapin, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, dan TP-PKK Tapin.
Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan Tapin, H.Rajudin Noor melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan, H.Yusdiannor ketika ditemui di taman kota mengatakan, “Hampir setiap harinya kita bersihkan taman ini, dan juga menebang pohon di taman yang sudah nampak layu sambil memotong rumput liar. Sekaligus juga membersihkan areal taman tersebut, dimana ada petugas kebersihan kita yang bekeja secara bergantian khusus membersihkan areal taman agar nampak selalu bersih dan nyaman, “katanya.

Selain itu kita juga telah meletakan tempat sampah di kawasan pertamanan, agar para pengunjung maupun pedagang membuang sampah pada tempatnya. “Kita meng-imbau kepada pedagang maupun pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya yang memang sudah disediakan oleh Dinas Tata Kota dan Kebersihan Tapin. Untuk itu mari kita jaga kebersihan dan kenyamanan taman ini untuk kita semua, “katanya kemarin.
Lanjut Ia, Rencananya di taman Basimban ini Distakober Tapin akan meletakan tempat duduk seperti yang ada di Danau Rantau Baru, dan itu tengah kita usulkan kepada Pemerintah Daerah. Namun sayangnya beberapa fasilitas di sekitar taman seperti ruko caffe, tempat duduk taman, patung, wahana bermain anak-anak dan fasilitas olahraga itu Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata yang mengelolanya, bukan Dinas Tata Kota dan Kebersihan Tapin. “Di kedua taman tersebut kita hanya mengurus kebersihan dan menata keindahan taman dan pepohonan yang ada di dua taman tersebut, “katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar