JavaScript is required to view this page. Berikan Remaja Informasi Secara Dini Tentang Alat Reproduksinya

Jumat, 01 Oktober 2010

Berikan Remaja Informasi Secara Dini Tentang Alat Reproduksinya

RANTAU, Terdapat hal menarik pada materi yang disampaikan oleh Drs.Agoeng Soedir Poetra pengajar di color modeling scholl Malang Jawa Timur, pada Selasa (28/9) kemarin kepada ibu-ibu PKK dalam rangka kegiatan seminar singkat personality development yang diselenggarakan oleh TP-PKK Kabupaten Tapin, yakni pembinaan anak remaja menjadi pribadi cemerlang.

Pembinaan anak remaja menjadi pribadi cemerlang tak lepas dari peran orang tua yang membimbing anaknya disaat memasuki masa remaja. Terutama dalam memberikan informasi dini terkait alat reproduksi bagi anak perempuan dan anak laki-laki, hal itu sangat penting agar mereka memiliki tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai alat reproduksinya sekaligus juga tak menjerumuskan mereka membentuk keluarga tak berkualitas nantinya.

Dikatakan Agoeng, “Kesehatan alat reproduksi wanita (Miss.V) tak lepas dari kondisi masa lalunya, seperti masa remaja. Sebagaimana diketahui masa remaja rentan dengan berbagai persoalan kesehatan reproduksi, sehingga masa tersebut merupakan masa yang tepat didalam memberikan informasi dini terkait alat reproduksi melalui cara penyampaian dengan strategi, “katanya.

Diceritakan Agoeng, Terdapat sebuah kasus yang pernah di jumpainya, karena pernah pengalaman sebagai dokter praktek waktu itu di Sulawesi, disana terdapat anak gadis berumur 9 tahun yang sudah menikah muda, dan mengeluhkan alat reproduksinya merasa sakit dan perih saat berhubungan layaknya suami istri. “Coba bayangkan anak berumur 9 tahun, dimana alat reproduksinya belumlah sama dengan wanita dewasa. Saat itu ditanya, kenapa melakukan yang sebenarnya kamu belum boleh melakukannya di umur 9 tahun. Terus kata anak itu, saya sudah menikah diumur 9 tahun. Rata-rata persoalan tersebut dialami oleh keluarga yang kurang mampu, lantaran terhimpit ekonomi sehingga mereka banyak yang menikah dini, “katanya. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar