JavaScript is required to view this page. Jalan DiGunung Pikuk Baramban Rusak

Jumat, 07 Januari 2011

Jalan DiGunung Pikuk Baramban Rusak



RANTAU, Akses jalan di kecamatan Piani rusak parah. Jalan bergelombang menanjak curam lokasinya tepat berada di Gunung Pikuk Desa Baramban Kecamatan Piani Kabupaten Tapin Kalsel. Selain itu, tanah di kanan kiri di nilai labil dan berjurang, dan terbukti sudah dua kali semenjak musim hujan terjadi longsor, bahkan sudah dua tiang listrik PLN roboh turut terbenam karena longsor melanda kawasan itu.

Kondisi jalan yang buruk dan hampir keseluruhan badan jalan yang di aspal terkelupas membuat warga Desa Miawa dan Kariaman Kecamatan Piani merasa kesulitan melintasi jalan tersebut. Sehingga kalau musim penghujan, jalan tersebut sangat sulit sekali dilalui. Mereka harus extra hati-hati, karena jalan licin berlubang dan menanjak curam ditambah samping kanan kiri jurang.

Jalan di Gunung Pikuk merupakan jalan utama bagi masyarakat Desa Miawa dan Kariaman ke atas, karena jalan tersebut merupakan akses jalan satu-satunya bagi masyarakat jika ingin berpergian ke kota Rantau, dan juga untuk mengangkut hasil bumi.

H.Masyraniansyah, SP, Sekretaris Dinas PU Tapin membenarkan kondisi jalan yang menghubungkan kawasan Miawa di Gunung Pikuk rusak. “Cuaca hujan yang terus mengguyur mengakibatkan badan jalan di Pikuk longsor dan rusak sehingga cukup sulit dilalui pengguna jalan. Dan longsor terjadi sudah dua kali, dan Dinas PU Kabupaten Tapin sudah meninjau lokasi kawasan itu, dan tengah menyiapkan pembenahan badan jalan, “katanya sebagaimana dikutip dari media nasional MataBanua.

Sementara, beberapa warga Tapin yang hari-harinya melalui jalan itu mengaku kesulitan saat melalui jalan tersebut. Terutama di gunung Pikuk, apabila hujan mengguyur dipastikan kami tak bisa melalui jalan tersebut. Itu longsor, dan berlubak membuat kubangan air yang besar. Pemerintah Daerah diminta perhatiannya untuk segera memperbaiki, mengingat itu satu-satunya akses jalan menuju kawasan Miawa di Piani. (rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar