JavaScript is required to view this page. Sepeda Santai KNPI Tapin

Senin, 23 Mei 2011

Sepeda Santai KNPI Tapin

RANTAU, Sekitar 2.000 pelajar tingkat SD, SMP, SLTA dan warga masyarakat umum ikuti sepeda santai berhadiah dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang sekaligus di rangkai HUT Divisi IV Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan 2011 di Kabupaten Tapin.

Meskipun kota Rantau di guyur gerimis hujan pada minggu pagi kemarin, peserta sepeda santai sehat berhadiah tetap semangat dan antusias mengikutinya. Bahkan
semenjak pukul 7:00 Wita peserta terus berdatangan baik itu dari jarak yang dekat seperti dalam kota Rantau hingga jarak yang cukup jauh seperti Tambrangan dan Margasari. Pada start cuaca sedang gerimis dan mereka terus mengayunkan pedal sepedanya masing-masing untuk menempuh rute yang ditetapkan panitia pelaksana, dan gerimis pun akhirnya mereda di tengah canda bersama antara peserta.

“Walaupun gerimis hujan mengguyur kota Rantau diawal acara, namun peserta tetap semangat mengikuti acara dan berkat rahmat Allah juga akhirnya gerimis hujan pun mereda, “kata Mahyudi Noor, S,Ag, Ketua KNPI Kabupaten Tapin.

Dikatakan Yudi, Dalam rapat yang dilaksanakan sebelumnya kita sepakat untuk menyelenggarakan kegiatan sepeda santai sehat berhadiah dengan menggandeng beberapa sponsor seperti Bank Kalsel dan PT.KPP. Terlebih juga komunitas sepeda yang nampak terlihat marak di daerah ini. Perlombaan kita bagi dua kategori, pertama kategori peserta perorangan, dan kedua kategori peserta kelompok. Bagi peserta kelompok, kita nilai pada keselarasan antara anggotanya baik itu properti sepeda mereka, pakaian mereka, hingga kekompakan mereka. Juga pada kategori ini, kita berikan tugas kelompok terhadap setiap kelompok berupa materi soal yang telah disediakan panitia. “Materi soal temanya masih seputar kegiatan yang dilaksanakan. Diantaranya seperti tentang Kabupaten Tapin, Hari Kebangkitan Nasional, Organisasi Kepemudaan, nama Pemimpin daerah, dan terkait ALRI yang gurbenurnya diabadikan pada nama jalan di kota Rantau.

Kegiatan sepeda santai yang dilaksanakan KNPI Kabupaten Tapin itu terdata jumlah peserta untuk komunitas sepeda santai berjumlah 56 komunitas. Dari undangan yang tersebar ada sekitar 76 komunitas sepeda, namun yang hadir hanya 56 komunitas. Setiap 1 kelompok anggotanya ada 10 sampai 20 orang. “Data jumlah komunitas sepeda tersebut kita rekap, yang selanjutnya kita serahkan kepada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Tapin. Diharapkan kita bisa meng-alihkan mereka dari
biasanya berkumpul di malam minggu ke hari minggu pagi. Namun jika itu bisa, kita usulkan agar Pemerintah Daerah Tapin dapat memfasilitasi keberadaan komunitas ini dengan menyelenggarakan kegiatan untuk mereka.

Sementara salah satu peserta kelompok, Andri, Kelompok The Gantar Tambrangan ini, mengatakan, “senang mengikuti acara ini, dan ramai dapat berkumpul dengan sesama kawan pecinta sepeda, “katanya.

Para peserta sepeda santai ini melintasi rute seputar jalan protokol kota Rantau yang start awal dilapangan DwiDharma Rantau hingga finish kembali ketempat awal. Selanjutnya, kecerian lainnya yang mereka tunggu yakni panitia membagikan hadiah dari mulai yang tergolong sederhana dari PT.KPP berupa topi, hingga hadiah lainnya berupa uang pembinaan dan juga sepeda dari bantuan sponsor Bank Kalsel. Kegiatan
sepeda santai ini tentunya meninggalkan kesan manis bagi mereka, apalagi dirayakan dihari libur dan juga usai melaksanakan ujian nasional.

Dalam kegiatan tersebut, spontan panitia pelaksana mencetus khusus terhadap peserta sepeda santai yang ada diantaranya adalah kalangan cacat. Peserta sepeda santai dari kalangan cacat tersebut mendapatkan perhatian khusus dari panitia dengan diberikan hadiah. Meskipun Ia cacat, tekad dan kemauannya tetap kuat dengan selalu mengayunkan pedal sepedanya menuju garis finish, dan mendapatkan tepuk tangan riuh
solideritas peserta sepeda santai lainnya. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar