JavaScript is required to view this page. Margasari Baru

Selasa, 10 Januari 2012

Margasari Baru

RANTAU, – Pemerintah Kabupaten Tapin saat ini masih terus mengembangkan tiga kawasan cepat tumbuh di daerah ini, salah satunya yakni kawasan Margasari Baru.

Bupati Tapin, Drs.Idis Nurdin Halidi, MAP mengatakan, “Margasari Baru merupakan satu diantara tiga kawasan cepat tumbuh di Kabupaten Tapin. Sebagaimana diketahui didaerah ini sangat banyak potensi sumber daya alam seperti di sektor perikanan, industri kerajinan, perkebunan, dan juga pelabuhan lintas batu bara sungai Putting. Dikawasan ini akan dibangun rumah sakit mini yang dikelilingi unit perkantoran. Dan saat ini telah dimulai pengerjaannya diantaranya Pembangunan rumah sakit mini yang di bangun Pemerintah dengan dana senilai Rp.20 miliar bersumber dari pos anggaran Kesehatan. Selain itu, di kawasan Margasari Baru ini juga telah berdiri kantor Camat Candi Laras Selatan dan Balai Penyuluh Pertanian. Nantinya dikawasan ini akan dibangun pasar Margasari dan juga terminal, ruang terbuka hijau, unit pendidikan, gedung serba guna, dan sentra industri kerajinan, “katanya kepada sejumlah wartawan.

Selain itu dikawasan Sungai Putting Kecamatan Candi Laras Utara juga direncanakan Pemerintah Daerah setempat sebagai pusat pelabuhan yang ada di Tapin. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan dan investor yang membangun pelabuhan-pelabuhan khusus di kawasan sungai Putting maupun jalur air di Kabupaten Tapin.

Saat ini pelabuhan sungai putting sudah mulai dikerjakan oleh beberapa investor perusahaan batubara menyusul setelah pemerintah provinsi Kalsel melarang angkutan truk batu bara melintasi jalan Negara dan tidak ada lagi stockpile batubara yang beroperasi di kota Banjarmasin.
Melihat kondisi tersebut, ke depannya Margasari Baru dirancang Pemerintah Daerah secara khusus. Dan multiefek pembangunan ini diyakni secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian di daerah ini, juga masyarakatnya akan tumbuh cepat berkembang, sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat juga meningkatkan pendapatan asli daerah Tapin.

Sementara warga Tapin di Binuang Serawi, H.Hermansyah,SKM,Mph, mengatakan, “Pembangunan pelabuhan di daerah Margasari merupakan prospek cerah kedepan bagi Kabupaten Tapin dimana multiefek dari pembangunan tersebut dapat meningkatkan perekonomian didaerah ini sekaligus juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Misalnya, pelabuhan tersebut nantinya dapat juga digunakan untuk umum, dimana kapal-kapal dagang dari luar daerah bisa masuk ke Tapin dan berani menaruh harga pasar di bawah harga yang dijual di kota Banjarmasin. Tentunya bila kondisi itu terjadi, pedagang-pedagang dari Banua Lima di Kalsel tidak perlu lagi mengambil barang jauh-jauh ke Banjarmasin, cukup di Tapin saja dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian di Tapin, “katanya. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar