JavaScript is required to view this page. Rabiul Awal Warga Rayakan Maulid Rasul

Jumat, 03 Februari 2012

Rabiul Awal Warga Rayakan Maulid Rasul

RANTAU, – Bulan Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad.SAW, pada bulan inilah seluruh umat muslim merayakan maulid Nabi dengan berbagi suka bersama antara sanak saudara, jiran tetangga, keluarga. Begitupun di Kabupaten Tapin, pada moment di bulan Rabiul Awal ini dan yang tak pernah terlewatkan oleh mereka yang merayakan kelahiran Nabi Muhammad sebagai tanda cinta mereka terhadap Rasululah.SAW dengan menyelenggarakan kegiatan membaca mauled habsy, mauled barjanzi, dan tradisi budaya islam yang kental di daerah ini seperti prosesi beayun yang nanti pada tanggal 5 Febuari dilaksanakan di Masjid Al Mukarammah desa Banua Halat. Setidaknya inilah yang menjadi salah satu keunikan perayaan mauled nabi yang dilakanakan oleh warga mayarakat Tapin.

Kegiatan ini merupakan kegiatan ritual keagamaan dan kebudayaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun sekali baik oleh Pemerintah Daerah, maupun warga desa yang melaksanakannya di rumah-rumah, lapangan terbuka maupun langgar dan masjid.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Arifin Noor melalui Kabid Kesenian dan Kebudayaan Disporabudpar Ibnu Mas’ud mengatakan belum lama tadi, “Prosesi beayun mauled akan dilaksanakan pada 5 Febuari 2012 ini. Upacara prosesi baayun maulid ini termasuk 100 event wisata nasional yang tercatat di kementerian Pariwisata RI dan juga pernah masuk MURI, kalau tahun lalu pesertanya mencapai 3.971, dan tahun ini bisa melebihi bahkan bisa tembus sampai 4.250 peserta, “katanya.

Sementara itu Koordinator Panitia Baayun Maulid Amat informasi terakhir peserta yang mendaftar sudah mencapai 3.000 orang baik anak-anak maupun orang dewasa bahkan yang lanjut usia juga ikut dalam prosesi maayun maulid.
Dijelaskannya, upacara prosesi baayun maulid ini merupakan sudah tradisi turun temurun dilaksanakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar