JavaScript is required to view this page. Proyek Fisik Pembangunan Pasar Binuang dan Margasari

Jumat, 03 Februari 2012

Proyek Fisik Pembangunan Pasar Binuang dan Margasari

RANTAU, – Tahun 2012 ini, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pekerjaan Umum membangun kembali dua pasar di kawasan Margasari Baru dan Binuang Baru sebagai prioritas pekerjaan. Untuk membangun dua pasar tersebut, Pemerintah Kabupaten Tapin menganggarkan dana di APBD Tapin tahun anggaran 2012 senilai Rp.5 miliar untuk pembangunan pasar Kering Binuang, dan Rp.2,5 miliar untuk pembangunan pasar Margasari Baru.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir.Gusti Noorzaman melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Edy Priyatno, Kamis (26/1) kemarin diruang kerjanya.

Menurut Edy, “Untuk pasar kering Binuang itu dibangun diatas lahan seluas 6,4 hektar. Dari luasan lahan, 5 hektar sudah dibebaskan kepemilikannya dari warga oleh pemerintah daerah, sisanya 1,4 hektar direncanakan tahun ini dibebaskan seiring dengan dimulainya pembangunan fisik pasar kering Binuang, “katanya.

Pasar Binuang yang dibangun, lanjut Edy, ditargetkan selesai dalam kurun waktu 3 tahun. Selain pembangunan pasar Binuang, dilokasi tersebut juga akan dibangun terminal dan akses jalan menuju kawasan pasar. Lokasi pasar kering di kawasan Binuang Baru tersebut tak jauh dari pasar lama Binuang Baru, memiliki jarak sekitar 200 meter. Nantinya pedagang pasar lama Binuang direlokasi ke pasar Binuang Baru. “Untuk pertama dibangun fisik pasar kering seperti bangunan pasar buat pedagang pakaian, alat-alat rumah tangga, toko elektrik seperti alat listrik dan elektronik lainnya. Dilanjutkan kembali pasar basah untuk pedagang sayur mayur dan ayam, “katanya.

Pasar Margasari tahun 2012 ini juga dimulai pembangunan fisiknya dikawasan Margasari Baru dengan dana dari APBD Pemkab Tapin senilai 2,5 Miliar, dimana tonggak pancang sudah tertanam sebagai tanda dimulainya pembangunannya dikawasan itu. Selain dibangun pasar Margasari, didekat pasar akan dibangun terminal. Pembangunan pasar Margasari Baru ini ditargetkan selesai dengan jangka waktu lebih lama sekitar 4 tahun. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar