JavaScript is required to view this page. Tim Rukyatul Hilal Tapin Pantau Hilal Minggu Petang Tetapkan 1 Ramadhan.

Sabtu, 04 Mei 2019

Tim Rukyatul Hilal Tapin Pantau Hilal Minggu Petang Tetapkan 1 Ramadhan.



RANTAU,-Badan Hisab dan Rukyah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tapin, mencanangkan bakal melaksanakan Rukyatul Hilal (Melihat Bulan) untuk menentukan awal Ramadhan 1440 H, Minggu (5/5) petang.

Dari keterangan Ketua Badan Hisab dan Rukyah Kemenag Tapin, H.Syamsyul Bahri,S,PdI, pelaksanan rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Minggu 5 Mei 2019, di Sirkuit Balipat Binuang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

“Rukyatul hilal ini, di tempat biasa setiap tahunnya dilaksanakan dengan alasan karena lokasi itu berada di dataran tinggi,” katanya.

Ditambahkan oleh Syamsul, secara pendekatan ilmu Falaq atau ilmu Astronomi, tanggal 1 Ramadan akan jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei.

Sidang isbat itu berdasarkan laporan dari hasil Rukyatul Hilal di setiap daerah. Untuk kepastian awal puasa tahun 2019 ini masih menunggu keputusan Sidang Isbat atau ketetapan pemerintah yang akan dilakukan Kemenag RI.
Semuanya menunjukkan pada saat maghrib 5 Mei 2019 posisi bulan telah memenuhi kriteria. Artinya, secara hisab ditentukan awal Ramadhan 1440 jatuh pada 6 Mei 2019. Kepastiannya menunggu hasil sidang itsbat yang akan menggabungkan dengan hasil rukyat (pengamatan) hilal pada saat maghrib 5 Mei 2019.

“Rukyatul Hilal akan dilakukan bersama dengan 11 perwakilan ormas Islam seperti Nadhlatul Ulama yang dipimpin Ketua MUI Tapin Drs.H.Hamdani, juga ada dari Muhammadiyah dan Kemenag Tapin serta Pengadilan Agama. Juga ada Bagian Kesra Pemkab Tapin.Kami berharap kepada masyarakat agar menjaga kebersamaan menyambut Ramadan,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar