JavaScript is required to view this page. BTKL Banjarbaru Ambil Sampel Air Baku PDAM

Rabu, 06 Oktober 2010

BTKL Banjarbaru Ambil Sampel Air Baku PDAM

RANTAU, Instalasi Pengelolaan Air (IPA) PDAM Bungur belum lama tadi di periksa Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Banjarbaru. Ada 3 orang petugas BTKL yang datang ke Instalasi Pengelolaan Air di Desa Bungur, diantaranya Lukman Nur Akli, Kepala Bidang Analis Dampak Kesehatan Lingkungan di BTKL Banjarbaru, didampingi dua orang rekan kerjanya. Juga ada diantaranya Plt.Kepala PDAM Kota Rantau, David Muzakkir, mendampingi tim BTKL dilokasi.

“Di lokasi IPA di Desa Bungur, ada tiga jenis air yang diambil sampelnya untuk diuji coba di laboratorium mereka di Banjarbaru, diantaranya hasil air yang dikelola di IPA Bungur, serta air yang didistribusikan ke pelanggan, dan air sungai yang menjadi bahan baku dari PDAM Tapin, “kata Lukman Nur Akli, kemarin.

“Sementara untuk memeriksa bahan baku air PDAM mengandung ecoli atau coliformnya yang terkandung dalam air sungai tersebut, kita akan memeriksa mikrobiologinya, melalui uji coba parameter air itu, dengan metode pengujian meliputi iodometri, modifikasi azida untuk uji sampel air yang kita bawa. Selanjutnya, unsur senyawa an organic seperti arsen, flotida, total chromium, cadmium, NO2, NO3. “Kalau ada berapa persen atau banyak jumlahnya dalam air yang diperiksa. Dan menguji secara fisika, dimana kami akan memeriksa apakah airnya berbau, berwarna, tingkat kekeruhannya, rasa, dan suhunya berapa, itu akan kami ukur. Dan yang terakhir adalah senyawa kimianya, seperti besi, Mn, dan Pn, ”kata Lukman.

Pengambilan sampel air sungai yang dilakukan ini serentak se-Kalsel, mereka berbagi tugas dengan menugaskan tim untuk memeriksa sungai yang ada di setiap Kabupaten di Kalsel. Dan secara kebetulan, tim ini sedang melaksanakan tugasnya ke Kabupaten Tapin, dengan memeriksa dan mengambil sampel air di IPA Bungur, di IPA Hiung, Tatakan, dan Batu Hapu. Demikian Lukman. (Rull)

2 komentar:

  1. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! mobil banjir

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mulan Jameela


    BalasHapus