JavaScript is required to view this page. Bupati Minta Segeranya Lahan Warga Dibebaskan

Minggu, 14 November 2010

Bupati Minta Segeranya Lahan Warga Dibebaskan

RANTAU, Pada Proyek Jalan MTQ tembus Bypass Rantau, ada sebagian jalan masih belum di bebaskan kepemilikannya dari warga masyarakat. Posisi lahan tersebut tepatnya di Bypass dengan ditandai tertanamnya beberapa pohon jati milik warga masyarakat yang belum dibebaskan kepemilikannya. Proyek itu masih terkendala pada pembebasan lahan untuk jalan itu, selain seretnya dana yang disiapkan Pemerintah Daerah, sebagian warga menolak dengan patokan tarif pembebasan tanah yang ditetapkan Pemerintah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tapin, Ir.Gt.Noorzaman mengatakan, “jalan MTQ-BYPASS Rantau Baru yang memiliki lebar jalan 60 meter, diujung lokasi tepatnya di Bypass samping GOR Datu Muning sebagian lahan masih belum dibebaskan kepemilikannya dari masyarakat. Sehingga jalan tak lurus saat ini. Namun setelah kunjungan Bupati Tapin beberapa waktu lalu, Bupati memberikan sinyal agar jalan tersebut secepatnya di luruskan. Artinya, lahan tersebut secepatnya dibebaskan. Karena di lokasi itu masih ada lahan milik warga, sehingga kondisi jalan belum lurus, dan berbelok memintas sedikit sementara waktu guna menunggu urusan pembebasan lahan beres.

Bupati meminta sesegeranya di bebaskan lahan kepemilikan dari masyarakat untuk di bangun jalan lurus di kawasan itu. Tahun 2010 ini sesegeranya dibebaskan, bahkan dananya sudah ada di APBD perubahan Kabupaten Tapin. Selanjutnya, Bupati meminta ditahun 2011 agar dibuatkan pintu gerbang di bypass yang lengkap dengan slogan sebuah kawasan Rantau Baru.

Kata Bupati kutip Kadis PU, “tolong di tahun 2010 untuk sesegeranya membebaskan lahan, selanjutnya ditahun 2011 tolong dibuatkan pintu gerbang sebagai slogan keberadaan kawasan Rantau Baru, “katanya.

Sementara Kepala Bidang Bina Marga di Dinas PU, Zainal Aqli menambahkan, “Jalan MTQ-Bypass yang memiliki lebar 60 meter ini masih dalam tahap pengerasan jalan. Dan di tahun 2012 jalan di kawasan Rantau Baru dekat danau diaspal hotmik. Mengingat lapisan tanah tersebut sudah keras, “katanya.

Jalan yang dikerjakan di kawasan Rantau Baru merupakan prioritas program kerja tahun 2010, 2011, 2012. Di tahun ini kita juga akan membuka jalan tembus dari jalan yang dekat danau menuju Salak , dimana didekat danau akan dibangun bundaran dan perempatan, katanya. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar