JavaScript is required to view this page. Seluruh Desa Berpotensi Di Tapin Dicacah Petugas BPS Tapin

Selasa, 03 Mei 2011

Seluruh Desa Berpotensi Di Tapin Dicacah Petugas BPS Tapin

RANTAU, Dalam jangka waktu 2 bulan, terhitung mulai April dan Mei 2011, Badan Pusat Statistik (BPS) Tapin melaksanakan pendataan potensi desa di Kabupaten Tapin dengan sistem sensus.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik, Drs.Haderan Al Kifli, kepada sejumlah pewarta di Rantau, kemarin.

Sensus pendataan potensi desa di Tapin bertujuan untuk memberikan gambaran kondisi wilayah perdesaan. Tolak ukurnya dari segi perekonomian masyarakat juga dari segi kesehatan. Selain itu juga sebagai evaluasi hasil pencacahan desa, apa saja yang diperlukan untuk pembangunan desa.

Desa-desa di Kabupaten Tapin kita sensus, dijelaskanya, dimana setiap satu wilayah kecamatan didaerah ini, ada 1 hingga 2 orang petugas pencacah yang sebelumnya telah dilatih BPS untuk melakukan pendataan di lapangan. Petugas-Petugas tersebut menggali informasi dengan pola seperti observasi dan survey terhadap kondisi wilayah perdesaan. Juga dengan pola wawancara dengan warga desa, tokoh masyarakat, perangkat desa, hingga aparatur kecamatan terkait seputar potensi yang ada di desanya masing-masing. Selain itu menganalisa karakteristik desa dan juga fasilitas dan infrastruktur apa saja yang ada di desa tersebut seperti sarana pendidikan dan pelayanan kesehatan di desa.

Setelah petugas berhasil melaksanakan pendataan terhadap seluruh desa yang ada di Kabupaten Tapin. Selanjutnya data pencacahan hasil sensus potensi desa dari 12 kecamatan di Tapin tadi kita jadikan sampel oleh Badan Pusat Statistik. “2 kecamatan diantaranya seperti kecamatan Binuang dan Kecamatan Piani dijadikan sampel untuk BPS Provinsi Kalsel. Sementara 10 kecamatan lainnya dijadikan sampel untuk BPS Tapin, “pungkasnya. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar