JavaScript is required to view this page. HUTBUN Gelar Bimtek Terhadap Kelompok Petani Karet

Minggu, 22 Mei 2011

HUTBUN Gelar Bimtek Terhadap Kelompok Petani Karet

RANTAU, Dinas Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Tapin menggelar Bimbingan Teknis terhadap empat kelompok yang tergabung dalam RPB SK (Regu Perduli Bidang Sadap Karet) di Kabupaten Tapin. Dilaksanakan pada Kamis (19/5) kemarin, bertempat di aula kantor Dinas Perhutanan dan Perkebunan Tapin.

Kepala Dinas Perhutanan dan Perkebunan Tapin, Ir.Sufian Noor, melalui Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perkebunan, Endang Sumarna, mengatakan, “Bimbingan teknis yang di ikuti para kelompok RPBSK di Tapin ini bertujuan untuk peningkatan mutu pengelolahan karet dalam upaya hasil bokar bersih. Mereka diberi bimbingan teknis mengenai cara penyadapan karet dan penggunaan bidang sadap yang baik, “katanya.

Dikatakannya, Selama ini kebanyakan petani karet di Tapin saat menyadap karet berdasarkan kebutuhan uang tanpa memperdulikan kualitas karet. Contohnya, “belum pada massa umur tanaman karet untuk di sadap, lantas mereka sadap berdasarkan kebutuhan, tanpa memperdulikan kualitas hasil karetnya, “katanya.

Untuk itulah diberikan bimbingan teknis seperti ini kepada regu perduli bidang sadap karet di kabupaten Tapin. Selain itu, lanjut Endang, rencananya petani karet di Kabupaten Tapin akan di berikan bantuan sosial dana dari dirjen pengelolaan hasil
pertanian. Dana tersebut akan disalurkan kepada petani karet melalui RPBSK yang ada di Kabupaten Tapin, dan digunakan untuk kebutuhan perlengkapan pertanian karet seperti pisau sadap, mangkok sadap, dan peralatan lainnya.

Ada 4 RPBSK di Tapin yang akan mendapatkan bantuan sosial tersebut diantaranya yakni 2 RPB dari desa Suato Lama Kecamatan Salam Babaris, dan 2 diantaranya dari Desa Baramban Kecamatan Piani. “Mereka akan mendapatkan bantuan sosial berupa dana dari dirjen, dan RPBSK tersebut yang mengelola dananya untuk dibelikan peralatan untuk kebutuhan petani karet, “pungkasnya. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar