JavaScript is required to view this page. Dinas Pertanian Tapin Kembangkan Jeruk Keprok

Senin, 18 Oktober 2010

Dinas Pertanian Tapin Kembangkan Jeruk Keprok

RANTAU, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Tapin tahun ini bakal mengembangkan jeruk keprok di lahan lebak. Direktorat Perluasan Holtikultura di pusat telah memberikan bantuan bibit kepada petani di Tapin.

Hal tersebut diungkapkan Ir.Raumayanti, Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Tanaman Pangan Tapin, kemarin.

Lahan seluas 40 hektar dialokasikan oleh Direktorat Perluasan Holtikultura, dan bibit jeruk keprok yang dikirim langsung kepada petani jeruk di Tapin dari Balai Penelitian Jeruk Subtropika Malang.

Jeruk Keprok yang umumnya jenis jeruk ini terlihat di jual di supermarket dan mall-mall, bahkan dikatakan mampu bersaing dengan jenis jeruk-jeruk lainnya lantaran banyak peminatnya. Sehingga wajarlah kalau jenis jeruk ini tembus pasarannya sampai ke Supermarket dengan harga jual yang lebih tinggi.

Di kabupaten Tapin untuk tanaman jeruk ada seluas sekitar 1338 hektar, yang ditanami berbagai jenis jeruk seperti jeruk siam Banjar. Dari luas areal lahan tersebut sudah diproduksi sekitar 64 persen ke daerah Kalteng dan Kaltim, sehingga Kabupaten Tapin merupakan salah satu sentra jeruk di Kalsel.

Tahun ini, Dinas Pertanian kembali meningkatkan kualitas jeruk dengan mengembangkan jeruk keprok yang terkenal manis dan banyak dijual di supermarket. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar