JavaScript is required to view this page. Realisasi Tanaman Padi 2010 Mencapai 66.507 Hektar

Senin, 18 Oktober 2010

Realisasi Tanaman Padi 2010 Mencapai 66.507 Hektar

RANTAU, Musim tanam dua musim di 2010 Kabupaten Tapin telah tercapai untuk tanam padi yakni terealisasi seluas 66.507 hektar atau 103,3% untuk musim tanam Tadah hujan Preiode Oktober 2009 sampai dengan Bulan Maret 2010 dan untuk musim Kemarau periode Bulan April 2010 sampai dengan Bulan September 2010.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Hultikutura Tapin Ir Raumayati MS Sebagimana dikutip dari MataBanua.

Menurutnya dari pyoyek yang di targetkan maupun yang tidak masuk proyek memasuki musim tanam 2009-2010 sudah tercapai untuk semua lahan baik itu musim pengujan maupun di musim kemarau. Namun dari laporan binaan pihaknya di Kabupaten Tapin untuk tanaman padi 2009-2010 tidak ada yang gagal panen hanya saja tertunda panen seperti yang terjadi di daerah pasang surut Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara akibat banjir.

Sementara disinggung terkait iklim tanam sendiri, hinga kini masih tetap dianggap dalam batas wajar, jadi penanaman padi tidaklah terlalu terganggu. Hal ini karena perbaikan musim tidak terlalu berpengaruh. Karenanya, pihak Departemen Pertanian, melakukan penyuluhan kepada sejumlah kelompok tani se Kabupaten Tapin untuk turun kelapangan ke kecamatan-kecamatan untuk mengatasi masalah iklim saat ini.

“Memasuki musim tanam 2010-2011 pihaknya kepada kelompok tani Se Kabupaten Tapin sudah melakukan penyuluhan yakni gerakan percepatan tanam, dimana nantinya panennya bisa cepat. Dalam percepatan tanam ini setiap tahun kita laksanakan untuk memberikan penyuluhan kepada kelompok tani yang ada se Kabupaten Tapin. Disarankan kepada kelompok tani se Kabupaten Tapin untuk menanam varietas bibit padi unggul disamping kwalitasnya baik , tahan hama werang dan cepat untuk di panen, sehingga sebelum musim hujan yang curah hujannya tinggi, petani sudah lebih dahulu panen, “saran Raumayanti. (Rull)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar